Asisten peternakan



Mumpung ada waktu senggang saya coba buat tulisan… maaf baru bisa update blog hari ini, sebetulnya waktu senggang ada tetapi perasaan otak ini mampet hehe… mungkin terlalu banyak permasalan yang dihadapi sehingga susah untuk fokus membuat tulisan, selama ini saya hanya bisa menjawab beberapa komentar. Seperti rekan-rekan ketahui bulan ini saya harus mutasi ke daerah lain, setelah mendapat SK mutasi pikiran saya terbebani berbagai masalah mulai dari rencana kerja di tempat baru, memikirkan kediaman untuk anak dan istri yang terakhir mengenai keberlanjutan peternakan kenari yang saya kelola selama ini. Alhamdulillah berkat bantuan rekan-rekan semua permasalahan sedikit demi sedikit mulai terurai.

Selama ini dalam ternak kenari saya kelola sendiri, berhubung hobi walaupun cape tetapi ada rasa sensasi tersendiri pada saat bergelut dengan kenari. Pekerjaan rutin yang biasa saya lakukan setelah pulang bekerja….. istirahat sebentar langsung bercengkrama dengan kenari mulai dari penggantian alas sangkar, membersihkan kotoran sekitar kandang ternak dan mengkrodong sangkar. Paginya sebelum berangkat bekerja ganti pakan dan air minum, kalau masih ada waktu sambil minum teh hijau mendengarkan kenari bernyanyi. Untuk hari libur lebih seru lagi pagi-pagi semua kenari di jemur kecuali yang sedang bertelor dan mengeram.

Hari libur merupakan hari yang saya tunggu-tunggu saya bisa seharian bergelut dengan kenari (kadang-kadang anak atau istri protes karena perhatian lebih banyak tertuju ke kenari hehe….). Semua dilakukan dengan senang hati dan tulus sehingga walaupun cape ada rasa kepuasan tersendiri.

Dengan berjalannya waktu alhamdulillah ternak kenari bisa berjalan dan banyak rekan-rekan tertarik dengan hasil ternak saya…. tahap selanjutnya saya coba kembangkan kios OnLine, sambutan rekan-rekan cukup menggembirakan pesanan berdatangan mulai dari aceh sampai mataram. Kedua kegiatan ini prospeknya cukup cerah, saya semakin bersemangat untuk mengembangkan kedua kegiatan ini, karena semangat yang menggelora saya belum menghire asisten untuk mengelola ternak kenari. Demikian juga dengan kios OnLine berhubung baru berdiri jadi belum mencari asisten karena saya pikir masih bisa saya kelola sendiri… Ternyata yang saya rencanakan meleset ketika saya mendapat perintah mutasi semuanya jadi berantakan. Penyebab utamanya yaitu saya tidak mau mencari asisten semuanya di pegang saya sendiri sehingga ketika saya berhalangan tidak ada asisten pengganti yang akan mengelola.

Semuanya sudah berlalu, kita tidak bisa mengulang kejadian yang sudah berlalu… kita hanya bisa bercermin dari kejadian masa lalu atau biasa dibilang sebagai pengalaman… Belajar dari pengalaman diatas untuk kedepannya kita tidak hanya berpikiran yang teknis tetapi harus mulai memikirkan non teknis seperti mencari asisten untuk mengelola peternakan, mendelegasikan masalah domistik peternakan ke asisten dan belajar berkompromi dengan asisten. Keuntungan adanya asisten yaitu kondisi peternakan tidak tergantung dengan peternaknya (owner)… karena operasional peternakan dijalankan oleh asistena (orang kepercayaan).

Dalam mencari asisten tidak semudah yang kita bayangkan, banyak kendala yang di hadapi yang utama perawatan kenari tidak bisa sebagus yang kita lakukan, asisten bekerja berdasarkan upah sedangkan kita sebagai peternak mengelola peternakan sepenuh hati , seperti sudah saya tulis di tulisan ini mengenai passion. Hanya dengan adanya asisten peternakan tidak terlalu tergantung ke owner. Demikian pengalaman saya dalam mengelola peternakan kenari, saya berharap dari kejadian yang saya alami ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua…

sumber  : http://burungkenari.wordpress.com
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment